5 Makanan Ini Bisa Mengganggu Tidur Anda

Tidur sangat penting bagi kesehatan karena dengan tidur yang cukup tubuh mampu meningkatkan sistem kekebalan , tetapi akhir-akhir ini semakin banyak saja orang yang mengalami susah tidur. Masalah tidur bisa mulai dari tingkatan ringan sampai tingkatan berat yang bisa saja sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, dan sering juga disertai dengan gangguan emosional. Gangguan tidur yang berlangsung lama bahkan bisa menjadi pemicu penyakit berat seperti diabetes melitus dan hipertensi. Untuk terhindar dari mengalami gangguan tidur sebaiknya Anda mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa meningkatkan kualitas tidur yang bisa dibaca pada posting sebelumnya : makanan untuk mengatasi insomnia dan menghindari makanan yang bisa memicu gangguan tidur yang akan dijelaskan dibawah ini..

Cokelat

Cokelat tidak baik apabila dikonsumsi ketika malam tiba, karena, cokelat merupakan makanan yang mengandung kafein sehingga membuat rasa kantuk tak juga datang. Seiring bertambahnya usia, maka sensitivitas seseorang terhadap kafein akan semakin tinggi. Disamping itu  cokelat merupakan salah satu makanan yang mengandung tyrosibe, sebuah asam amino yang membuat seseorang sulit tidur.

Daging Olahan

Daging asap, sosis, dan burger membuat Anda mendapatkan tyramine yang tinggi. Zat ini akan membuat otak terpicu untuk melepaskan norepinephrine sehingga membuat Anda selalu terjaga semalaman. Untuk mengindari daging olahan, maka pilihlah makanan seperti ayam, daging sapi segar, serta ikan.

Minuman Berenergi

Minuman ini memliki kandungan kafein yang cukup tinggi. JIka Anda mengkonsumsi minuman berenergi maka tingkat kecemasan serta kewaspadaan Anda akan meningkat . Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa jika Anda mengkonsumsi minuman berenergi di siang hari, serta ditambah dengan minuman lain seperti teh, dan kopi, maka Anda akan sulit terpejam hingga malam hari.

Makanan Pedas

Makanan pedas membuat sistem pencernaan Anda terus terganggu di malam hari. Efek yang ditimbulkan adalah heartburn. Heartburn yaitu sensasi terbakar yang menyakitkan, efek ini akan Anda rasakan pada tulang dada di bagian bawah atau belakang. Tentu, dengan perasaan tersebut, maka kualitas tidur Anda akan terus memburuk.

Minuman Beralkohol

Anda mungkin biasa mengkonsumsi minuman beralkohol untuk membuat tubuh merasa lebih rileks. Namun, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya di malam hari, karena tubuh akan meningkatkan produksi urin sehingga Anda akan sering bolak balik ke kamar mandi. Akibat serius dari hal tersebut adalah rasa susah tidur serta tubuh akan mengalami dehidrasi.

Baca artikel : makanan yang bisa mengatasi gangguan tidur disini http://medis-update.blogspot.com/2012/02/makanan-yang-bisa-mengatasi-insomnia.html

No comments:

Artikel Populer