Banyak Duduk Meningkatkan Resiko Kematian Bagi Wanita

banyak duduk meningkatkan resiko kematian dini Sebuah hasil penelitian tentang hubungan duduk terlalu lama dengan resiko kematian yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine menyebutkan bahwa wanita yang dalam kesehariannya lebih banyak duduk (kurang aktif), maka akan lebih beresiko mengalami kematian dini. Penelitain ini juga memberikan hasil yang mengejutkan yaitu : latihan /olahraga rutin yang dilakukan untuk menjaga kebugaran atau mengimbangi waktu yang dihabiskan untuk duduk, baik saat bekerja maupun menonton siaran televisi ternyata tidak mampu mengurangi resiko mengalami kematian dini pada wanita yang duduk 11 jam sehari…wahhh….wahhh… apakah olahraga yang dilakukan menjadi sia-sia???? Ya tentunya tidak karena bagaimanapun juga olahraga memberi banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh.

Hasil lengkap dari penelitian tersebut adalah : Wanita yang tidak aktif dan hanya duduk selama 11 jam, berisiko 12 persen lebih besar menghadapi kematian dini. Disamping itu wanita yang tidak aktif  juga berisiko 27 persen lebih besar meninggal karena serangan jantung, dan lima kali lebih mungkin mengalami kematian karena kanker. Bagi wanita yang hanya tidak aktif selama empat jam atau kurang memiliki resiko yang lebih kecil. Resiko untuk mengalami kematian dini, serangan jantung dan kanker  juga tampak pada mereka yang melakukan latihan rutin setiap harinya.  

Dari hasil penelitian ini kita bisa belajar bahwa untuk mencegah kematian dini , serangan jantung dan kanker selain berolahraga secara rutin ada hal yang penting dilakukan yaitu tetap beraktivitas fisik secara teratur selama bekerja sehingga tidak tenggelam dalam duduk / diam yang terlalu lama.

Bagi para pekerja kantor yang banyak duduk (khusunya wanita), ayo…bergeraklah sesering mungkin. Bila sedang di kantor, bangunlah dari duduk dan bergeraklah.

sumber : Dailymail

No comments:

Artikel Populer