Senam di Meja Kerja, Olahraga Untuk Pekerja Kantor

Kesibukan dikantor bisa membuat Anda jarang berolahraga yang pada akhirnya bisa menyebabkan Anda beresiko menderita kelebihan berat badan dan beberapa penyakit. Selain aktivitas fisik yang teratur, Anda sebenarnya juga bisa melakukan olehraga tanpa meninggalkan ruang kerja Anda. Seperti yang dijelaskan oleh personal trainer dan instruktur yoga dari AFAS, Henry Dionisius.  Henry menerangkan, bahwa  olahraga membakar kalori juga bisa Anda lakukan di meja kerja. Gerakan tersebut bisa Anda ulangi beberapa kali, sesuai dengan kemampuan dan waktu yang tersedia.
Menurut Henry, boleh saja merepetisi gerakan 10, 12, atau 20 kali, dengan 2-3 set. Yang penting tidak kelelahan karena  dilakukan saat sedang bekerja di kantor.
Berikut adalah gerakan olahraga yang menggunakan meja kantor:
1. Chair-pull dan chair-press. Ambil posisi duduk tegak di atas kursi beroda, letakkan kedua tangan pada bibir meja. Lakukan gerakan menarik kursi mendekat ke arah meja, lalu dorong menjauh. Supaya otot aktif bekerja, angkat kaki agar tidak menyentuh lantai. Gerakan ini, kata Henry, melatih otot perut dan dada bagian atas.
2. Cubicle squat.  Postur tubuh tegak, sandarkan punggung pada tembok cubicle Anda. Perlahan turunkan tubuh, boleh sampai jongkok, atau hanya setengah jongkok. Sebagai pengganti beban, Anda bisa melakukan gerakan jongkok sembari memeluk beberapa buku yang ada di meja ruang kerja.
3. Push-up modifikasi I. Letakkan kedua telapak tangan pada pinggir meja, sehingga posisi tubuh 45 derajat menghadap ke lantai. Untuk modifikasi, angkat satu kaki, lalu lakukan gerakan push-up. Jika ingin tambahan tantangan, Anda bisa meletakkan salah satu kaki di atas tumpukan buku ataupun dokumen.
4. Push-up modifikasi II. Mirip dengan gerakan pada nomor 3, tapi kali ini Anda meletakkan kaki di atas kursi beroda. Pelan-pelan, dengan posisi tangan masih bertumpu pada tepi meja, tarik kursi mendekat ke meja, lalu jauhkan. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang. “Kesannya sederhana, tapi gerakan-gerakan itu bisa membakar kalori,” ujar Henry.
5. Leg lift. Duduk tegak di atas kursi, lalu angkat kaki kanan pelan-pelan, tahan hingga beberapa saat. Posisi kaki kiri harus lurus saat kaki kanan diangkat. Turunkan kaki kanan, lalu lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri. Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot paha dan betis.
6. Back and leg curl. Ambil posisi duduk di kursi, lalu pegang kaki kanan. Angkat kaki kanan hingga mendekati wajah. Pada saat yang bersamaan, lakukan gerakan membungkukkan badan. Latihan ini membantu melatih otot lutut dan paha agar tidak terlalu kaku.
7. Back side stretch. Gerakan ini merelaksasi punggung yang tegang setelah lama duduk dan mengetik. Pertama, saat duduk di kursi, angkat kedua tangan lurus ke atas, posisi tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke kanan-kiri secara bergantian.

sumber : tempo

1 comment:

tas fandy said...

Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
toko tas kita menyediakan banyak model tas yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

Thank's.

Artikel Populer