Khasiat Pisang : Mengatasi Hipertensi sampai Kanker

Pisang merupakan salah satu buah asli Indonesia dan sangat populer baik dimakan tanpa diolah maupun diolah menjadi beragam penganan. Pisang selain berguna sebagai pencuci mulut ternyata menyimpan banyak zat gizi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan berkhasiat mengatasi beberapa penyakit. Pada artikel ini akan dibahas kandungan gizi buah pisang dan manfaatnya , smoga setelah membaca artikel ini Anda lebih rajin makan pisang selain mendapatkan manfaatnya Anda juga ikut mengurangi impor buah dari luar negeri.

Menurunkan berat badan

Satu buah pisang memiliki 11% dari RDA serat makanan dan hanya sekitar 108 kalori. Serat dalam pisang akan menjaga fungsi pencernaan Anda dan sekaligus dapat menjaga asupan kalori, sehingga Anda dapat terhindar dari kegemukan dan dapat menjaga kadar guladarah tetap normal.

Mengatasi Hipertensi

Pisang sangat kaya dengan kalium, kandungannya berkisar 13 % dari RDA. Studi menunjukkan bahwa kadar kalium yang tinggi dalam buah pisang  dapat menurunkan tekanan darah, yang pada gilirannya mengurangi kemungkinan  aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

Kesehatan tulang

Pisang memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Karena itu pisang juga bermanfaat bagi tulang Anda. Karena potassium yang terkandung di dalam pisang, mampu mencegah melemahnya tulang. Asupan sodium yang tinggi tentu saja mampu meningkatkan kekuatan tulang, memperbaiki sistem kontraksi otot, dan meningkakan sistem normal saraf.

Pencegahan Kanker

Sebuah penelitian besar oleh Journal of Cancer Internal menggambarkan bahwa kemungkinan adanya kanker ginjal akan berkurang karena seseorang mengkonsumsi buah serta sayuran, terutama pisang. Sebuah sampel penelitian membuktikan bahwa wanita yang mengkonsumsi pisang hingga 4 kali seminggu mampu mencegah kanker hingga 50 persen.

Vitamin B6

Satu buah pisang memiliki kandungan tinggi akan vitamin B6. Berfungsi sebagai agen anti-inflamasi yang membantu menangkal penyakit jantung, diabetes tipe II, serta obesitas. B6 juga berkontribusi terhadap pemeliharaan kelenjar limfoid yang menjamin produksi yang sehat sel darah putih sehingga melindungi tubuh dari infeksi. Akhirnya, vitamin B6 dalam manfaat pisang memainkan bagian penting dalam pembentukan sel dan fungsi sistem saraf yang tepat.

No comments:

Artikel Populer