Gejala Jet Lag dan Cara Mencegahnya

gejala jet lag dan cara mencegahJet lag atau mabuk pascaterbang adalah salah satu masalah kesehatan yang dialami jika sering naik pesawat atau naik pesawat jarak jauh. Jet lag, secara medis disebut desinkronosis, adalah sebuah kondisi fisiologis yang terjadi akibat gangguan terhadap ritme sirkadian tubuh. Mabuk pascaterbang muncul akibat perjalanan cepat lintas meridian (timur-barat atau barat-timur) jarak jauh, sebagaimana yang dilakukan menggunakan pesawat jet.

Gejala jet lag bermacam-macam, tergantung jumlah zona waktu yang dilintasi, masa pada hari (pagi-malam) dan bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Secara umum gejala jet lag meliputi:

Untuk menghindari terjadinya jet lag ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda akan melakukan penerbanyan jarak jauh, seperti dikutip dari sheknows.com berikut ini:

1. Siapkan untuk zona waktu baru

Mulailah menggeser waktu tidur atau jadwal bangun Anda sebelum naik pesawat. Coba tidur lebih awal atau telat, tergantung zona waktu tujuan penerbangan Anda. Ini akan membuat peralihan zona waktu lebih mudah Anda lalui.

2. Pergi keluar sejenak

Penelitian terbaru menyarankan agar mendapatkan cahaya alami setelah mendarat dari penerbangan lintas zona waktu. Cahaya alami membantu merangsang tubuh Anda untuk mengeluarkan hormon "terjaga" yang lebih banyak, sehingga Anda akan merasa lebih segar daripada Anda berada di dalam ruangan.

3. Minumlah air putih

Dehidrasi adalah efek samping yang umum dari penerbangan. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menjadi lesu. Jadi, minumlah banyak air putih sebelum, selama, dan setelah penerbangan.

4. Makan banyak dalam porsi kecil

Beberapa penelitian yang paling menarik dalam jet lag adalah dengan mengubah pola makan Anda dari tiga kali sehari sampai lima atau enam kali dengan porsi kecil, maka tubuh Anda akan mampu beradaptasi lebih mudah untuk perubahan waktu.

5. Hindari alkohol atau minuman berkafein

Minuman beralhkohol dan berkafein dapat meningkatkan perasaan dehidrasi, sehingga Anda merasa lelah.

6. Tidur sebentar

Tidurlah setiap kali Anda merasa mengantuk. Walau hanya tidur 15 menit akan memberikan istirahat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mengatasi perubahan waktu.

7. Tetap aktif

Berjalanlah di sekitar pesawat yang sedang terbang dan segera jelajahi kota setelah Anda masuk ke dalam hotel. Atau lakukan olahraga, agar tubuh Anda lebih mudah untuk tertidur di malam hari, dan akan melancarkan peredaran darah sehingga Anda akan memiliki lebih banyak energi.

No comments:

Artikel Populer