Ini Cara Mudah Mencegah Diabetes Melitus

duduk dan diabetes melitus Sebelumnya Saya sudah menulis artikel tentang duduk yang terlalu lama bisa meningkatkan resiko kematian dini, dan artikel ini juga masih membahas tentang bahya duduk terhada kesehatan yaitu meningkatkan resiko diabetes/kencing manis. Saat menulis artikel ini saya untuk pertama kalinya melihat jam dan bertanya-tanya “ Sudah berapa lamakah Saya duduk? Apakah sudah 30 menit ? “ Saya menjadi khawatir karena hasil penelitian yang akan dibahas berikut ini menunjukkan bahwa duduk lama bisa meningkatkan resiko menderita kencing manis/diabetes.

Hasil penelitian terbaru dari University of Otago di Selandia Baru yang dikutip dari dailymail, menunjukkan bahwa rutinitas jalan kaki di sela jam kantor efektif menurunkan risiko diabetes. Bahkan hal itu lebih efektif ketimbang melakukan jalan cepat 30 menit sebelum berangkat kerja.
Dalam penelitian ini, responden yang berjalan keliling selama satu menit 40 detik memiliki gula darah dan kadar insulin lebih rendah (Peningkatan kadar gula darah dan insulin adalah lampu merah untuk timbulnya diabetes).

Penelitian ini melibatkan 70 orang dewasa sehat sebagai responden. Pada perlakuan pertama, responden duduk selama 9 jam. Di perlakuan kedua, responden melakukan jalan cepat selama 1,5 jam sebelum duduk selama 9 jam. Pada perlakuan terakhir responden duduk lagi selama 9 jam, namun kali ini berjalan selama 1 menit 40 detik setiap 30 menit. Para responden juga menjalani pengukuran gula darah dan insulin tiap kali responden mengkonsumsi minuman pengganti makan setelah satu jam, empat jam, dan 7 jam.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan, kadar gula darah lebih rendah pada kelompok responden yang melakukan jeda berjalan kaki setiap 30 menit. Hasil yang sama juga diperoleh pada mereka yang berjalan selama 1,5 jam sebelum duduk selama 9 jam. Manfaat yang bisa diambil dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari adalah , jangan terlalu banyak duduk atau diam (terus aktif bergerak) jika ingin terhindar dari penyakit diabetes melitus. Anda bisa memilih berolahraga minimal 1,5 jam pada pagi hari sebelum bekerja (duduk dikantor) atau jika ingin hasil yang lebih efektif sempatkanlah untuk bangkit dari duduk dan berjalan selama 1 menit 40 detik saja!!!!!. Disamping itu tentunya Anda juga harus menjaga pola makan dan menjaga berat badan ideal agar terhindar dari penyakit kencing manis.

Apakah Anda sudah duduk selama 30 menit ???? Kalau ya, ayo sekarang bangkit dan berjalanlah selama satu menit 40 detik…..maka Anda akan terhindar dari menderita diabetes melitus

Sumber : www.dailymail.co.uk

No comments:

Artikel Populer