Konsumsi Buah Yang Kaya Vitamin C Mengurangi Resiko Stroke

jeruk mencegah stroke Sebuah hasil studi terbaru mendapatkan hasil bahwa rajin mengkonsumsi buah-buahan yang kaya dengan vitamin C seperti jeruk, paprika, stroberi, pepaya dan brokoli mampu mencegah/ mengurangi resiko stroke khusunya stroke yang jenis perdarahan/stoke hemoragik. Kabar ini tentunya sangat menggembirakan karena stroke merupakan satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Menurut US Centers for Disease Control dan Pencegahan (CDC), stroke adalah penyebab utama keempat kematian di AS, di mana setiap tahun 795.000 orang Amerika menderita stroke dan 130.000 meninggal dari satu.

Untuk diketahui, bahwa ada dua jenis stroke, yaitu : iskemik dan hemoragik. Pada stroke iskemik, terjadi penyumbatan di pembuluh darah sehingga aliran darah berhenti /terganggu bagian otak tertentu, sedangkan pada stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah otak melemah kemudian pecah dan darah bocor ke dan di sekitar otak.

Menurut peneliti Dr St├ęphane Vannier, dari Pontchaillou University Hospital di Rennes, Perancis, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa  kekurangan vitamin C harus dianggap sebagai faktor risiko untuk terjadinya stroke sama halnya dengan tekanan darah tinggi, konsumsi alkohol dan kelebihan berat badan.

Penelitian tersebut membandingkan 65 pasien yang mengalami stroke hemoragik dengan 65 rekan-rekan yang sehat. Kedua kelompok menjalani tes darah dan memeriksa kadar C vitamic mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 41% dari semua peserta memiliki kadar vitamin C normal, 45% memiliki kadar hampir nol, dan 14% memiliki tingkat sangat rendah.

Setelah dianalisis ternyata pasien yang mengalami stroke memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam darahnya, sedangkan peserta yang tidak mengalami stroke memiliki kadar vitamin C yang normal. 

Dr Vannier mengatakan penelitian lebih lanjut  diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini dan mencari tahu bagaimana vitamin C bekerja untuk mengurangi risiko stroke. Menurut Varnier salah satu cara vitamin C dapat mengurangi risiko stroke bisa dengan mengurangi tekanan darah, dan  vitamin C memiliki manfaat lain, seperti membantu produksi kolagen, yaitu protein yang penting untuk struktur kulit, tulang dan jaringan (dan juga pembuluh darah).

Manfaat yang bisa kita ambil adalah, rajinlah makan buah –buahan karena sangat banyak manfaatnya bagi tubuh, sesuai dengan penelitian ini Anda bisa mengurangi resiko menderita salah satu penyakit mematikan yaitu stroke

sumber : medicalnewstoday.com

No comments:

Artikel Populer