Cegah Kanker Dengan Beraktivitas Fisik

Peringatan hari kanker dunia mengingatkan kita akan bahaya penyakit yang menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak. Sampai saat ini pengobatan kanker masih menemui banyak kendala dan belum memberikan hasil yang memuaskan, disamping harganya yang bagi kebanyakan kalangan masih sangat mahal. Kebanyakan kanker ternyata berkaitan dengan kebiasaan/ gaya hidup. Beberapa kebiasaan buruk seperti pola makan, merokok, alkohol ditengarai meningkatkan resiko menderita kenker. Disamping hal tersebut ternyata kebiasaan untuk malas bergerak atau lebih banyak duduk juga akan meningkatkan resiko menderita kanker.

Menurut Grace Judio-Kahl, dokter pemerhati gaya hidup serta ahli fisiologi seperti yag dikutip dari kompas.com,  ada penelitian yang menunjukkan kebiasaan tidak banyak bergerak  berkaitan  dengan kanker usus besar. Namun, memang belum ada penjelasan mengenai seperti apa hubungan antara kanker dengan kebiasaan kurang aktif (sedentary). Menurut Grace, 60 persen orang yang menjalani gaya hidup sedentary terkena kanker usus besar. Sementara itu, penderita obesitas dengan pola makan buruk dan tidak aktif bergerak juga  cenderung terkena kanker tertentu seperti prostat, usus, payudara, dan uterus.

Karena ada keterkaitan antara terjadinya kanker, maka sangat disarankan untuk selalu aktif bergerak/ olahraga untuk mencegah atau minimal mengurangi resiko mengalami kanker. Agar tubuh selalu aktif tidak harus pergi ke gym, tetapi bisa dilakukan aktivitas-aktivitas sederhana selama bekerja seperti misalnya jika duduk lebih dari 30 menit maka disarankan untuk bangkit dan lakukan sedikit gerakan fisik seperti berjalan beberapa langkah, atau jika di tempat kerja tersedia lift maka sebaiknya Anda memilih berjalan melewati tangga saja. Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan senam dengan memanfaatkan meja kerja Anda , untuk mengetahui gerakan senam dengan meja kerja Anda bisa baca artikel ini : http://medis-update.blogspot.com/2014/02/senam-di-meja-kerja-olahraga-untuk.html. Dan untuk melengkapi aktivitas fisik Anda selama bekerja sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk berolahraga selama 20 menit dua hingga tiga kali seminggu.
Nah..bagi Anda yang sudah kelebihan berat badan atau obesitas maka disarankan agar melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang lebih intensif agar dalam waktu tertentu bisa mencapai berat badan yang ideal.

1 comment:

bachtiar arif said...

Pendeteksian kanker dengan metode ini apakah cukup akurat? dengan artian kalau memang terjadi sedemikian yang telah disebutkan berarti apakah dia sudah dipastikan menderita kanker tersebut? Dan kalau senam tersebut baiknya memilih baju senam wanita yang bagaimana yah gan? ^^ terimakasih

Artikel Populer