Awas Kurang Tidur dan Suka Marah Memicu Diabetes

Diabetes atau lebih dikenal dengan penyakit kencing manis saat ini menjadi masalah kesehatan di banyak negara. Diabetes melitus sering dihubungkan dengan gaya hidup moderen yang cenderung kurang melakukan aktifitas fisik dan mengkonsumsi makanan berlebih.

Selain gaya hidup yang kurang sehat, ternyata ada kebiasaan “kurang baik” yang bisa memicu terjadinya diabetes yaitu : kebiasaan marah-marah dan kebiasaan tidur larut malam.

Sebuah hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Behavioral Medicine  menyatakan bahwa kesulitan untuk menahan emosi atau suka marah-marah dapat meningkatkan risiko diabetes. Dalam studi ini ditemukan bahwa, orang-orang yang sering kehilangan kesabarannya jauh lebih rentan mengalami resistensi insulin dibandingkan mereka yang tetap tenang dan kalem saat menghadapi situasi tertentu. Mungkin anda bertanya “ apa kenapa marah bisa memicu diabetes ? Penjelasannya adalah : saat marah akan terjadi peningkatkan kinerja hormon-hormon yang menghalangi proses pengendalian gula darah. dan sebagai akibatnya gula darah akan cenderung meningkat .

Kebiasaan lain yang bisa memicu diabetes adalah tidur larut malam atau kurang tidur. Dalam sebuah studi  peneliti membandingkan kondisi 370 wanita yang terserang diabetes tipe 2 antara tahun 2000-2012  dengan 370 wanita yang tidak mengidap diabetes sama sekali. Setiap partisipan diminta mengumpulkan sampel urine-nya di pagi hari untuk mengukur kadar melatonin yang dihasilkannya semalam.

Hasil studi menunjukkan bahwa wanita yang kadar melatoninnya rendah di malam hari berisiko dua kali lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 selama periode studi yaitu 12 tahun, dibandingkan dengan wanita yang melatoninnya tinggi. Unruk diketahui bahwa  Hormon melatonin adalah hormon yang diperlukan untuk mencapai tidur yang pulas/berkualitas.Faktor-faktor yang dapat menurunkan kadar melatonin diantaranya gangguan tidur, durasi tidur yang pendek, kerja shift malam dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti beta-blockers.

Nah agar bisa terhindar dari penyakit diabetes maka cobalah lebih sabar jika menghadapi masalah dan jangan suka tidur larut malam. Namun juga harus  memiliki pola makan yang benar serta menyeimbangkannya dengan olahraga atau aktivitas fisik lainnya agar terhindar dari penyakit gula ini.

No comments:

Artikel Populer