10 Langkah Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut sangatlah penting karena banyak penyakit berawal dari munculnya masalah paga gigi dan mulut. Tetapi sayangnya kesadaran sebagian besar orang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut masih rendah. Agar Anda terhindar dari masalah kesehatan pada gigi dan mulut, maka lakukanlah sepuluh langkah berikut ini seperti dikutip dari Boldsky:

1. Menyikat Gigi 2 Kali Sehari
Kita semua tahu bahwa menyikat gigi yang benar dilakukan 2 kali setiap hari. Tetapi, seringkali kelelahan atau rasa kantuk membuat sikat gigi di malam hari terabaikan. Padahal, sisa-sisa makanan di mulut Anda dapat membusuk dan menyebabkan kerusakan gigi dalam semalam.

2. Gunakan Mouth Wash
Ternyata, menyikat gigi saja tidak cukup. Anda perlu mencuci mulut sehingga gusi dan seluruh rongga mulut dapat dibersihkan dari kuman.

3. Pembersih Lidah
Pembersih lidah adalah salah satu peralatan kesehatan gigi yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Padahal, alat ini dapat membersihkan plak dan sedimen dari lidah Anda.

4. Dental Floss
Dental floss atau benang gigi sangat penting karena dapat menjangkau setiap sudut gigi Anda dengan lembut dimana sikat gigi tak dapat menjangkaunya.

5. Berkumur
Setiap selesai makan, janganlah lupa untuk berkumur dengan sedikit air. Langkah sederhana ini memastikan bahwa tidak ada makanan yang tersisa dalam mulut Anda.

6. Sikat Gigi yang Tepat
Kebanyakan orang memilih sikat gigi karena harga, merek, atau tipenya. Tetapi yang dianjurkan adalah sikat gigi dengan bulu yang lembut sehingga tidak dapat melukai gus Anda. Dan, jangan lupa untuk mengganti sikat gig Anda setiap 3 bulan sekali.

7. Tekhnik Menyikat Gigi
Orang seringkali menyikat gigi secara acak karena tidak tahu pola yang telah ditetapkan. Ingat, yang harus dilakukan adalah menyikat gigi ke atas, bawah, dan berputar.

8. Hindari Rokok
Merokok adalah salah satu kebiasaan terburuj bagi kesehatan gigi Anda. Tembakau akan membuat gigi kuning dan juga menjadi salah satu penyebab gigi berlubang .

9. Baking Soda
Beberapa bahan dapur ternyata memiliki kegunaan lebih untuk menjaga kesehatan gigi. Misalnya, lemon dan baking soda adalah pasangan yang tepat untuk membersihkan dan memutihkan gigi Anda.

10. Tusuk Gigi
Tusuk gigi berguna untuk menghilangkan makanan yang terselip di gigi Anda. Tapi, hati-hati menggunanakannya agar jangan sampai gusi Anda yang tertusuk.
Selain itu, berkumur dengan menggunakan cuka sari apel setelah menyikat gigi untk membersihkan dan menyingirkan bau mulut. Yuk, kita mulai menjaga gigi dan mulut kita.

Smoga langkah-langkah diatas bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut…

No comments:

Artikel Populer