Kopi Ternyata Tidak Menyebabkan Hipertensi

Selama ini mungkin Anda pernah mendengar bahwa terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan hipertensi. Mitos ini seakan sudah begitu dipercayai sebagai sebuah kebenaran, sehingga bahkan kadang-kadang dokter juga menyarankan pasiennya untuk menghindari kopi untuk menurunkan tekanan darah. Namun sebuah penelitian terkahir di Amerika Serikat mengungkapkan fakta yang sebaliknya, bahwa tidak ada bukti kopi dapat meningkatkan risiko hipertensi.

'American Journal of Clinical Nutrition' melaporkan beberapa hasil penelitian dengan jumlah peserta studi keseluruhan 170 ribu orang, yaitu : kebiasaan minum 3 cangkir kopi sehari tidak ada hubungannya dengan peningkatan risiko hipertensi. Hal ini diungkapkan oleh Liwey Chen, seorang peneliti Kesehatan Masyarakat di Universitas Louisiana di New Orleans, yang dikutip oleh Reuters.

Walaupun hasil penelitian menunjukan demikian, tetapi tidak berarti bahwa banyak minum kopi bukan tidak memiliki resiko sama sekali. Dari penelitian diketahui bahwa resiko hipertensi pada mereka yang minum 3 cangkir kopi sehari sedikit berbeda dari mereka yang minum kurang dari 3 cangkir.

Lawrence Krakoff, seorang peneliti di 'Mount Sinai Medical Center', New York, juga menyatakan bahwa kopi tidak menimbulkan resiko tekanan darah tinggi. Menurutnya hubungan antara kopi dan tekanan darah tinggi sangat sulit untuk dijelaskan. Tetapi perlu diingat efek kopi pada setiap orang berbeda-beda.

No comments:

Artikel Populer