Air Kelapa Mengatasi (penangkal) Dehidrasi

Aktivitas yang padat diluar ruangan pada cuaca yang panas akan menguras banyak keringat dari tubuh Anda. Jika Anda tidak cukup minum, mungkin Anda mulai merasakan gejala-gejala kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Dehidrasi adalah suatu keadaan kehilangan cairan sehingga mengganggu fungsi normal organ-organ tubuh. Tubuh kita dapat mengalami dehidrasi disebabkan oleh masukan air kurang atau keluaran air berlebihan. Selain karena terlalu banyak berkeringat, dehidrasi juga bisa disebabkan oleh diare. Pada aktivitas fisik biasa, tubuh kehilangan air sebanyak 2,5 liter per hari, sebagian besar (60%) dikeluarkan melalui air seni. Pada peningkatan aktivitas fisik, misalnya berolahraga, kehilangan air mencapai 1-2 liter per jam, sebagian besar (95%) dikeluarkan melalui keringat. Kehilangan air sebanyak 2% dari berat badan dapat menyebabkan peningkatan laju jatung dan suhu tubuh. Kematian dapat terjadi bila kehilangan air mencapai 9-12% berat badan. Pada dehidrasi, tubuh tidak hanya kehilangan air tetapi juga kehilangan elektrolit dan glukosa. Kehilangan natrium dan klorida dapat mencapai 40-60 mEq/liter, sedangkan kalium dan magnesium 1,5-6 mEq/liter.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala-gejala dehidrasi? Tentunya Anda harus mengganti bahan-bahan yang hilang dari tubuh (rehidrasi). Yang harus diganti tidak hanya air, tetapi juga elektrolit dan glukosa.

Alam ternyata telah menyediakan sumber air yang memenuhi syarat sebagai cairan rehidrasi yang terdapat dalam air kelapa muda. Komposisi air kelapa sangat tepat untuk mengganti cairan tubuh karena selain mengandung air juga mengandung elktrolit dan glukosa (baca juga komposisi air kelapa). Bahkan terbukti kandungan elektrolit dan glukosa dalam air kelapa muda bersifat isotonik sehingga sangat baik diminum sebagai cairan rehidrasi pengganti cairan yang hilang karena berbagai penyebab.

JIka dibandingkan dengan sport drink (minuman berenergi), air kelapa muda memiliki beberapa kelebihan. Hasil penelitian membuktikan air kelapa muda memiliki Indeks Rehidrasi (indikator banyaknya cairan rehidrasi yang diberikan yang dipergunakan tubuh) lebih baik dibandingkan dengan air biasa dan minuman elektrolit buatan. Indeks Rehidrasi lebih tinggi berarti air kelapa muda lebih efektif dan lebih cepat memperbaiki dehidrasi

No comments:

Artikel Populer