Konsumsi 3 Buah Pisang /hari untuk mencegah Stroke

Buah Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Selain mampu menurunkan tekanan darah dan memulihkan stamina, kalium yang terkandung dalam pisang juga dapat mengurangi risiko stroke.

Menurut para ilmuwan dari University of Warwick, Inggris dan Universitas Naples, Italia, pisang efektif dalam mengurangi risiko stroke jika dikonsumsi secara teratur tiga kali sehari. Anda dapat mengkonsumsi pisang saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jumlah tersebut (3 buah Pisang) cukup untuk menurunkan resiko terbentuknya bekuan darah yang menjadi penyebab stroke sekitar 21 persen.

Khasiat Pisang dalam mengurangi resiko terkena stroke karena kandungan kalium nya yang tinggi. Berdasarkan temuan para ilmuwan Inggris dan Italia, mengkonsumsi sejumlah kalium dapat mengurangi kemungkinan stroke. Beberapa sumber pangan yang mengandung kalium cukup tinggi selain pisang adalah bayam, kacang, susu, dan ikan.

Berapa jumlah konsumsi kalium yang diperlukan untuk mencegah stroke ?
Untuk pencegahan stroke peneliti di Inggris menyarankan untuk mengkonsumsi 3.500 miligram kalium per hari, sedangkan menurut penelitian terbaru yang dilakukan di American College of Cardiology, mendapatkan bahwa konsumsi kalium harian yang diperlukan untuk mencegah stroke hanya 1.600 miligram.


Tiga buah pisang perhari untuk memenuhi asupan kalium
Kandungan rata-rata kalium dalam pisang sekitar 500 miligram, sehingga dengan mengkonsumsi tiga buah pisang per hari sudah dapat mencukupi asupan kalium harian. Tentunya mengkonsumsi pisang saja tidak cukup untuk mencegah stroke, beberapa hal yang juga harus diperhatikan misalnya mengurangi konsumsi garam, berhenti merokok, mengurangi makanan berkolesterol, olah raga teratur, dsb.

sumber : Dailymail

3 comments:

pisang said...

selain itu, kandungan serotonin yang ada pada pisang, dipercaya dapat menghilangkan stres akibat kegiatan hari hari anda.. xD #cmiiw

fbindonesiacerita said...

Terima kasih ulasan artikelnya.

fbindonesiacerita said...

Garam turut serta sebagai faktor berpengaruh munculnya gejala dan penyakit stroke. Bagi yang sedang berupaya agar bisa mengurangi konsumsi garam sehari-hari bisa menempuh trik jitu untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari. Trik jitu seperti yang diulas di dalam artikel http://goo.gl/B4nnj6 seperti bisa dicoba seperti misalnya makan makanan yang segar.

Artikel Populer