Tips Untuk Mengatasi Insomnia (susah tidur)

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Dengan tidur beberapa jam sehari tubuh mempunyai kesempatan untuk memperbaiki diri yang ibaratnya seperti "mencharge ulang baterai", sehingga tubuh siap untuk melakukan aktivitas lagi pada hari berikutnya. Justify Full
Namun, tidak sedikit orang mengalami gangguan tidur yang dikenal dengan insomnia.

Menurut Times of India, Insomnia terjadi karena banyak faktor. Diantaranya adalah faktor-faktor psikologis seperti stres, kecemasan, depresi akibat pekerjaan, setelah mengalami trauma , kekerasan atau pengalaman traumatis lainnya. Kekhawatiran yang berlebihan membuat tubuh sulit untuk tenang, dan memaksa otak untuk terus berpikir.

Selain karena faktor diatas insomnia juga bisa diakibatkan oleh beberapa seperti diabetes, penyakit jantung, Parkinson, dan asma. Faktor lingkungan juga bisa mengakibatkan gangguan tidur seperti suhu, cahaya, dan tingkat kebisingan. Beberapa kebiasaan juga mengakibatkan gangguan tidur antara laian konsumsi obat-obatan tertentu, alkohol, kopi, kafein, soda, atau minuman energi.

Jika tidak segera diobati, insomnia dapat mengakibatkan kecemasan, rasa lelah, mengantuk, lesu sepanjang hari, kesulitan dalam berkonsentrasi, lekas marah dan badmood.

Menurut psikolog Dr Chhavi Khanna's, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, .

1. Pola Hidup Sehat
Berolah raga teratur dapat membantu meringankan insomnia. Lakukan latihan setiap pagi dan sore hari.Janganlah melakukan aktivitas (bekerja) empat jam sebelum berangkat tidur. Bangun dan tidurlah pada waktu yang sama setiap hari untuk menciptakan siklus tidur dalam tubuh.

Cobalah untuk makan makanan yang ringan dan mengandung sedikit air, jika Anda merasa lapar sebelum waktu tidur. Jauhi kafein, nikotin, dan alkohol 4-6 jam sebelum tidur. Untuk memperbaiki kualitas tidur, maka aturlah suhu, cahaya, dan tingkat kebisingan di ruangan tempat Anda tidur.

2. Pola Tidur yang Optimal
Segeralah pergi tidur jika Anda sudah merasa kelelahan (mengantuk). Jangan pernah melakukan aktivitas saat sudah lelah. Jika Anda tidak berhasil tidur dalam waktu 20 menit, maka buatlah diri Anda merasa nyaman dengan pindah keruangan lain yang lebih redup atau bacalah sesuatu bacaan sampai Anda merasa menagntuk.

3. Belajar untuk menjadi lebih tenang
Biasakan untuk berhenti bekerja 90 menit sebelum tidur. Konsentrasi pada pernapasan Anda dan lepaskan semua ketegangan di otot sebelum tidur. Jangan khawatir Anda akan sulit tidur, dan lupakan sejenak masalah yang sedang Anda hadapi.

4. Cobalah untuk tidur
Jangan mencoba terlalu keras untuk tidur, hindari melihat jam(arloji). Yang perlu Anda lakukan adalah tanamlkan rasa percaya bahwa 'tidur akan datang jika sudah waktunya'.

No comments:

Artikel Populer