Secangkir Kopi di Pagi Hari Baik untuk Kesuburan Pria

Bagi para penggemar kopi, secangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan semangat dan antusiasme untuk melakukan sebuah aktivitas. Ternyata minum kopi dipagi hari mempunyai manfaat lainnya, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sao Paulo, Brazil, menemukan bahwa minum kopi hitam di pagi hari juga bermanfaat untuk kesuburan pria.

Penelitian dilakukan pada 750 pria yang akan melakukan vasektomi (kontrasepsi bedah untuk pria) dan dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan jumlah kopi yang dikonsumsi.

Keempat kelompok yaitu : mereka yang tidak minum kopi, peminum kopi ringan (antara 1-3 cangkir kopi per hari), peminum kopi sedang (antara 4-6 cangkir sehari) dan peminum kopi berat (lebih dari 6 cangkir per hari), dengan ukuran skala cangkir 100 ml.

Hasil penelitian menunjukkan, pria yang minum kopi secara teratur setiap hari (1-3 cangkir kopi per hari) memiliki kualitas sperma jauh lebih baik daripada pria yang tidak minum kopi.

Menurut para peneliti, kandungan kafein dalam kopi dapat membantu sperma berenang lebih cepat.

Walaupun kopi mempunyai manfaat pada kesuburan pria, tetapi ingat juga bahwa minum kopi berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

No comments:

Artikel Populer