Tips Makan Malam Agar Tidak Gemuk

makanan berserat

Malam hari menjelang tidur kadang rasa lapar menggoda, dan jika tidak pintar dalam memilih makanan atau camilan maka berat badan akan naik terus. Nah agar bisa terhindar kegemukan akibat makan atau ngemil malam maka ikutilah tips dibawah ini yang dikutip dari tempo.co.

1. Cari makanan berserat
Sayuran adalah sumber serat yang paling utama. Saat Anda lapar pada malam hari, carilah brokoli atau bayam yang mengandung banyak serat sekaligus mengenyangkan.

2. Atur porsi makan
Jika sayuran tidak mempan untuk mengganjal perut, Anda tetap bisa makan nasi putih atau roti pada malam hari, tapi dengan porsi kecil. Atau, atur porsi makan Anda, misalnya Anda makan banyak pada pagi hari untuk menambah energi, siang hari setengahnya saja, dan malam hari seperempatnya.

3. Makan camilan
Rasa lapar bisa saja datang saat Anda bersiap untuk tidur. Saat itulah sebaiknya Anda mencari camilan sehat agar perut tidak keroncongan. Anda bisa memilih biskuit gandum atau keju rendah lemak. Anda juga bisa memilih yoghurt atau oleskan selai kacang pada sepotong apel.

4. Makan di meja makan
Sebisa mungkin, hindari makan di depan televisi. Saat menonton televisi, Anda tidak bisa merasakan dan menikmati makanan yang dimakan secara total. Di meja makan, Anda bisa memantau sendiri seberapa besar porsi yang akan dimakan.

5. Banyak minum
Sebelum makan malam atau camilan, minumlah dua gelas air dingin atau secangkir teh herbal hangat. Tunggu reaksinya setelah setengah jam. Alih-alih lapar, mungkin Anda hanya dehidrasi sehingga perut terasa tidak nyaman.

No comments:

Artikel Populer