10 Daftar Obat Yang Harus Dihindari Selama Hamil

daftar obat yang harus dihindari selama hamil

Pertumbuhan janin didalam kandungan sangat rentan dari pengaruh zat-zat berbahaya yang dikonsumsi oleh ibu hamil, termasuk obat. Janin sangat rentan terutama pada trimester pertama kehamilan, oleh karenanya ibu hamil perlu mengetahui obat-obat apa saja yang aman dan tidak aman dikonsumsi selama kehamilan. Berikut ini adalah 10 daftar obat yang harus dihindari dikonsumsi selama hamil karena berpotensi menyebabkan dampak buruk pada ibu dan janin, seperti yang dikutip dari Mag for Women .

penghilang rasa sakit
Obat pereda atau penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan aspirin dapat mempengaruhi pertumbuhan janin . Jika seorang ibu memiliki sakit kepala , lebih baik untuk menggunakan obat penyembuhan alami .

obat antijamur
Jamur adalah masalah umum yang dialami oleh wanita hamil . Tapi jangan sembarangan minum obat anti jamur tanpa persetujuan dari dokter .

obat jerawat
Selama kehamilan , perubahan hormonal dalam tubuh dapat memicu timbulnya jerawat . Tapi tidak perlu minum obat untuk menghilangkan jerawat . Biarkan jerawat hilang dengan sendirinya .

obat demam
Obat yang mengandung parasetamol untuk mnegatasi demam sebaiknya dihindari selama kehamilan . Karena parasetamol dosis tinggi sangat mempengaruhi perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan .

anti depresi
Konsumsi antidepresan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir . Untuk meredakan stres , lebih baik melakukan yoga atau meditasi .

Anti- alergi
Selain anti - jamur , obat anti - alergi juga perlu dihindari , sebaiknya mengatasi masalah alergi dengan cara alami . Misalnya tinggal jauh dari tempat berdebu , rajin membersihkan rumah , dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan makan makanan bergizi .

antibiotik
Hampir tidak ada antibiotik yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil . Tapi jika tidak ada cara lain, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan bentuk lain dari pengobatan.

Obat penyakit anti -motion
Contoh penyakit yang memerlukan anti-motion adalah vertigo atau mabuk perjalanan. Jangan minum obat anti anti-motion saat hamil karena bisa berdampak buruk bagi bayi . Cari cara lain untuk mengatasi masalah yang dialami  saat mengalami mabuk perjalanan atau vertigo .

obat tidur
Bahkan untuk pria dan wanita obat tidur memberikan dampak yang tidak baik bagi sehat , apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil .

herbal
Meskipun berasal dari tanaman alam dan alami , konsumsi tanaman obat juga  harus dihindari saat hamil . Misalnya, lidah buaya , ginseng , dan rosemary .

Nah….itulah daftar obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil, jika anda punya masalah kesehatan dan harus mengkonsumsi obat sebaiknya konsultasikan kedokter dan usahakan mencari pengobatan alternatif untuk meredakan keluhan Anda.

No comments:

Artikel Populer