Tip Mencegah Dehidrasi


Kapan Anda harus minum air agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi)?

Mungkin hampir semuanya mengatakan akan minum jika merasa haus. Minum jika merasa haus bukan sesuatu yang berbahaya, tetapi perlu Anda ketahui bahwal saat Anda sudah merasa haus sebenarnya tubuh sudah mengalami dehidrasi ringan (tubuh kekurangan cairan). Apalagi dengan bertambahnya usia tubuh menjadi kurang sensitif terhadap sinyal rasa haus, sehingga tubuh sudah dalam keadaan dehidrasi sebelum Anda merasakan rasa haus dan meminum air. Sehingga dapat dikatakan bahwa rasa haus bukan merupakan sinyal yang tepat untuk mengganti cairan tubuh.

Bagaimana caranya agar cairan tubuh selalu dalam jumlah yang cukup?

Ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda selalu cukup cairan :

Pertama : Minumlah segelas air setiap kali makan (3 kali sehari) dan segelas air diantara maktu makan

Kedua : Minumlah cukup air sebelum, selama dan sesudah beraktivitas. Jumlah air yang diminum disesuaikan dengan tingkat aktivitas, lama aktivitas dan kondisi lingkungan tempat Anda beraktivitas. Jika Anda melakukan aktivitas berat, dalam waktu lama dan dalam cuaca yang panas maka Anda harus meminum air lebih banyak dan begitu sebaliknya.

Bagaimana mengetahui kalau tubuh sudah cukup cairan?

Cara sederhana mengetahui tubuh sudah cukup cairan adalah :

Anda tidak atau jarang merasakan haus, dan

Jumlah air seni (urin) yang Anda hasilkan selama sehari tidak kurang dari 1.5 liter dan mempunyai warna yang bening.

Nah…Agar tubuh tetap cukup cairan, minumlah air sebelum tubuh merasa haus dan jumlahnya sesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan

No comments:

Artikel Populer