Faktor Resiko Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)


Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang kejadiannya meningkat saat ini, dan merupakan salah satu penyebab kematian paling besar. Agar dapat terhindar dari hipertensi harus diketahui faktor-faktor apa saja yang memicu terjadinya hipertensi atau disebut juga faktor resiko terjadinya hipertensi. Dibawah ini adalah beberapa faktor resiko untuk hipertensi yang dikutip dari umm.edu :

  1. Merokok atau terpapar asap rokok setiap hari (perokok pasif)
  2. Menderita Diabetes (glukosa puasa lebih tinggi dari 125 mg / dL)
  3. Menderita Penyakit ginjal
  4. Ada Riwayat keluarga yang menderita hipertensi
  5. Gemuk atau kelebihan berat badan
  6. Mempunyai gaya hidup yang kurang aktif /kurang aktivitas fisik
  7. Pria berusia di atas 45
  8. Wanita di atas usia 55
  9. Menggunakan kontrasepsi oral (pil KB)
  10. Peningkatan kadar kolesterol
  11. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol
Sangat penting untuk menjaga tekanan darah tetap dibawah 140/90 mm Hg. Jika Anda memiliki tekanan darah lebih dari normal maka Anda harus memperhatikan pola hidup, dan jika Anda memiliki satu atau lebih faktor resiko diatas maka Anda harus berusaha untuk mengurangi atau menghilangkan sama sekali.



Bagi Anda dengan tekanan darah noramal juga harus sebisa mungkin menghindari atau menghilangkan faktor resiko hipertensi diatas, karena jika tidak suatu saat Anda akan menderita hipertensi.



Tekanan darah harus dukur secara teratur setiap kali Anda mengunjungi dokter, atau Anda dapat mengukur sendiri dengan menggunakan alat yang automatic.

No comments:

Artikel Populer