Perut Buncit Meningkatkan Resiko Hipertensi, Kanker dan Tulang Keropos Pada Pria

 


Perut buncit sering tidak dipermasalahkan oleh kaum pria karena dianggap hal wajar seiring dengan bertambahnya tingkat kemakmuran seseorang. Bahkan perut buncit identik dengan orang kaya atau BOSS…nah jika Anda memiliki perut dalam kategori buncit maka perlu waspada karena ternyata lemak yang tersimpan didalam perut buncit bisa memicu penyakit yang berbahaya, antara lain tekanan darah tinggi , kanker dan pengeroposan tulang.

Sebuah penelitian selama 7 tahun yang melibatkan 903 orang pria yang memiliki lemak berlebih di daerah perut (buncit) mendapatkan bahwa ada hubungan antara lemak pada perut dengan peningkatan tekanan darah.  Lemak di perut lemak disebut lemak visceral . Lemak ini terletak jauh di dalam rongga perut di antara organ-organ penting seperti hati . Ketika lemak ini mempengaruhi aliran darah , jantung harus bekerja keras untuk memompa darah mengalir ke seluruh tubuh . Dan jika  proses ini berjalan terus menerus , maka tekanan darah akan meningkat . 


Hasil penelitian yang lain mendapatkan bahwa peningkatan lemak diperut akan memingkatkan resiko serorang pria untuk menderita kanker. Kesimpulan ini didapaktakn setelah peneliti melakukan CT scan lemak perut dari 3.000 orang Amerika berusia 50 tahun selama tujuh tahun . Selama studi ada 90 kasus penyakit jantung , 141 kasus kanker dan 71 kematian yang ditemukan . Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa kelebihan lemak perut dikaitkan dengan risiko tinggi penyakit jantung dan kanker .

Nah..hasil penelitian ini juga mendapatkan bahwa lemak diperut tidak baik untuk kesehatan. Dalam studi ini , para ilmuwan meneliti 35 pria , dengan usia rata-rata 34 tahun dengan indeks massa tubuh 36,5 ( dianggap obesitas ) . Semua peserta kemudian menjalani CT scan perut dan paha untuk mengukur massa lemak dan otot .Para peserta juga menjalani CT scan dengan resolusi tinggi ( FEA ) untuk menentukan kekuatan tulang dan risiko patah tulang . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria dengan lemak visceral lebih di perut memiliki kekuatan tulang yang rendah .

Nah…jika Anda memiliki ukuran perut yang agak besar maka lakukanlah olahraga untuk membakar lemak diperut dan juga kurangi konsumsi karbohidrat Anda.


No comments:

Artikel Populer