Cara Pakai Cairan Pembersih Tangan Yang Benar


Mencuci tangan merupakan salah satu kunci hidup sehat. Mencuci tangan dengan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer lebih praktis karena tidak perlu repot mencari kran air. Beberapa hal perlu diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari cairan pembersih tangan, yaitu dari mulai pemilihan produk hand sanitizer dan cara pemakaian yang benar.

Ketika hendak membeli cairan pembersih tangan instan (biasanya berbahan dasar alkohol), perhatikan baik-baik jenisnya. Jangan mudah percaya dengan iming-iming keampuhannya membasmi kuman hingga 99,9 persen.

Baca dengan teliti kadar alkohol yang biasanya tertera di label kemasan bagian belakang. Pastikan kadar alkohol mencapai 60 persen atau lebih. Sebab, banyak hand sanitizer yang hanya mengandung 40 persen alkohol.

Selain memeriksa kandungan alkoholnya, perhatikan pula cara pemakaiannya dengan benar. Agar kebersihan tangan terjaga, simak tips penggunaan hand sanitizer berikut, seperti dikutip dari Galtime.com:

  1. Tuang cairan pembersih sekitar seperempat telapak tangan. Pastikan cukup untuk membasahi seluruh telapak, jemari, hingga punggung tangan.
  2. Gosokkan ke seluruh bagian tangan selama 20-30 detik. Jangan hanya fokus pada telapak, tapi juga sela-sela jemari, kuku, dan punggung tangan.
  3. Biarkan tangan kering di udara. Saat tangan masih basah, jangan bilas dengan air dan mengelapnya dengan handuk atau tisu.

Meski hand sanitizer (cairan pembersih tangan ) merupakan cara yang lebih praktis membersihkan tangan dari kuman alternatif praktis, namun cara terbaik yang disarankan untuk menangkal kuman adalah mencuci dengan sabun dan air.

1 comment:

Anonymous said...



Also visit my weblog: auto injury lawyer

Artikel Populer